5 Tips agar tetap Semangat Membaca Buku

5 Tips agar tetap Semangat Membaca Buku

5 Tips agar tetap Semangat Membaca Buku

 

Aktivitas membaca buku belum menjadi aktivitas prioritas di indonesia, maka dari itu Indonesia menempati peringkat 60 dunia.

Ini berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016.

Kedudukan Indonesia di bawah Thailand (59). Tidaklah mengherankan bila agak tertinggal dari Negara yang menjadikan Membaca Buku adalah PRIORITAS.

Buku adalah jendela dunia. Siapa pun bisa mengetahui dunia dengan membaca, siapa pun bisa mengalami perubahan, lebih tepatnya perubahan dalam tataran pola pikir.

Namun jangan salah kira. Karena semua perubahan berawal dari pola pikir baru terhadap dunia.

Di indonesia jumlah buku yang terbit kurang lebih 30.000 judul buku setiap tahunnya (sumber: IKAPI).

Itu pun belum termasuk buku yang diterbitkan secara indie atau kita mengenalnya Self-Publishing. Berbeda dengan Tiongkok yang mencapai 300.000 judul setiap tahunnya (sumber: kompas).

Membaca menjadi aktivtias harian yang tidak boleh dilewatkan. Karena dengan membaca buku (apa pun itu selama positif) kita akan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman baru.

Bisa jadi mendapatkan dorongan kuat untuk melakukan sesuatu (kebaikan). Karena ketika kita membaca buku, di situ kita sedang berinterkasi dengan penulis.

Mudah mudahan apa yang Saya sampaikan pada kali ini, mampu membantu Anda dalam meningkatkan minat membaca dan semangat membaca Anda.

 

 

#1. Tentukan Tujuan Membaca Buku

 

Apa pun yang dilakukan tanpa tujuan, kita akan kehilangan arah dan energi terbuang banyak, semangat pun tak ada.

Pentingnya menetapkan tujuan ketika membaca. Jadi kita tahu kenapa kita membaca buku ini. Karena ingin mendapatkan sesuatu.

Entah itu pengetahuan baru, pemahaman baru, inspirasi, bahkan mempelejari suatu keahlian tertentu.

Ibarat Anda memesan taksi di aplikasi namun tujuan akhir Anda tidak tertera di pemesanan, maka aplikasi pun tidak bisa melanjutkan pesanan Anda alias Anda akan terdiam begitu saja.

Karena driver mana pun tidak akan menjemput Anda sebelum Anda sendiri memberikan tujuan akhir Anda.

Tujuan di sini fungsinya, agar kita fokus terhadap apa yang kita baca. Terkadang yang baru mengawali pembiasaan membaca buku.

Kalau bosen membaca buku A, akan beralih ke buku B (pengalaman nyata). Salah satu sebabnya karena tidak memililki tujuan di awal.

Dari sini, mudah mudahan Anda terbayang apa yang harus Anda lakukan sebelum membaca buku agar lebih banyak memberikan manfaat kepada diri Anda.

 

 

#2. Temukan Buku yang paling ingin dibaca

 

Kalau tidak ingin baca, ya tidak usah baca. Setiap orang memiliki minat tersendiri dalam memilih genre buku.

Tidak semua orang suka semua genre. Ada yang suka Non Fiksi (Motivasi, Self-Help, dsb). Ada juga fiksi fantasi.

Bukan persoalan kalau Anda sudah menetapkan sebuah tujuan untuk membaca buku A, dengan harapan bisa mendapatkan informasi baru.

Walaupun pada awalnya Anda belum pernah membaca bergenre tersebut. Anda akan terbiasa dan akhirnya suka.

Memilih buku yang disukai adalah cara mudah untuk menciptakan habits membaca. Karena kita akan terbiasa dengan buku dan minat sesuai genre yang kita pilih.

Yang akan membentuk lingkaran kebiasaan. Dimana kita akan terpicu oleh hormon kebahagiaan (baca: endorfin) ketika melakukannya.

Temukan buku yang paling Anda sukai dan terhanyutlah dalam suasana syahdu.

 

 

#3. Mencoba Hal Baru

 

Seperti yang sudah disinggung di no 1 dan 2. Meskipun kita tidak menyukai membaca kalau kita memiliki tujuan.

Kita akan sangat terpacu untuk melahap buku tersebut. Ya walaupun pada prosesnya ada saja tantangannya, ngantuk, menguap terus, dsb.

Itu semua hal yang wajar terjadi ketika membaca buku yang di luar genre kita. Niatkan untuk mencoba hal yang baru.

Karena ini salah satu mengasah kreativitas Anda dalam mengeksplorasi apa yang telah dibaca.

Pemahaman buku A dengan buku B walaupun berbeda genre bisa saja ada garis temu. Yang membuat pemahaman kita semakin kaya dan luas.

Yang akhirnya kita menjadi terpacu dan semangat untuk mencoba hal baru lainnya.

Masuk akal dong? Hehe

 

 

#4. Temukan Suasana yang Tepat

 

Hampir toko buku mana pun pasti menciptakan suasana nyaman membaca, karena suasana memang memengaruhi daya serap otak kita saat membaca.

Misal kalau susananya dingin, sejuk, tidak bising, wangi, dan hal hal yang mendukung suasana menjadi lebih nyaman. Kita akan cenderung ingin membeli dan bisa membaca suasan tersebut ke rumah.

Anda bisa bedakan membaca buku di rumah dengan di toko buku. Dari cara kita mebaca, suasana hari saat membaca. Maka dari itu pentingnya menemukan suasana yang tepat.

Entah Anda memang nyamannya di kamar untuk membaca, di teras sambil ngopi, atau Anda pergi ke taman untuk bisa menikmati suasana membaca.

Saat membaca dengan suasana yang tepat kita akan lebih memahami apa yang dimaksud oleh penulis.

 

 

#5. Diskusikan

 

Mendikusikan apa yang kita baca salah satu cara untuk mengembangkan pemahaman kita setelah membaca.

Karena dengan mendikuskan kepada orang orang yang satu minat dengan kita akan lebih mudah pemahaman tersebut menjadi luas.

Mungkin bisa saja kita berdiskusi dengan orang yang berbeda minatnya, agar bisa tahu apa responnya ketika kita lontarkan apa yang telah kita baca.

Sesederhana itu kita bisa meningkatkan pemahaman kita. Juga membuat otak kita menjadi lebih aktif, karena kita dirangsang dengan berpikir, bernalar, juga pertanyaan.

So, mudah mudahan 5 Tips agar tetap Semangat Membaca Buku ini bisa membuat Anda lebih semangat dalam membaca.[]

KadiKa

KadiKa

Penulis at KadiKa.id
Seorang Pemuda yang sedang berbagi manfaat melalui Tulisan.
KadiKa

Latest posts by KadiKa (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *